Tips SAAT BUSI MATI MENDADAK

Sebagian biker pasti ada yang sudah punya pengalaman pahit dengan motornya, salah satu contoh busi mati mendadak..
Kalo matinya di depan bengkel gak masalah, lha kalo matinya pas di tengah perjalanan yang jauh kemana-mana kek bikers di Daerah kek Saya ini itu baru masalah serius Bro..

Sebenarnya usia pakai Busi standard pabrikan sudah di setting cukup lama, yaitu antara 4000- 6000an km.. Namun usia ideal ini juga bisa menurun lebih cepat di karenakan cara pemakaian dan settingan mesin yang kurang tepat serta kurang nya perawatan terhadap alat pematik api ini, misal gaya riding yang sering high Rpm atau malah low RpM kemudian setingan karburator yang tidak ideal (terlalu kering atau Basah) juga peningkatan kompresi pada mesin dan kebocoran oli pada ruang bakar pada mesin 4 T adalah faktor terbanyak yang dapat mempercepat usia Busi Motor..
Sebagai seorang Rider Saya juga pernah mengalami hal serupa, yaitu Motor Gak mau hidup setelah berhenti makan di warung,, setelah di chek ternyata api yang memercik dari Busi sangat kecil dan bahkan kadang tidak ada sedang api dari Koil masih besar..
Dan ini sekedar Tips dari Saya atau lebih enaknya Sharing atas pengalaman yang Saya alami saja
Kejadian itu saat Saya masih nyemplak Megapro’02, kebetulan Saya juga membawa kunci busi serta amplas halus (400).. Caranya Kepala busi di basahi pake bensin (lobang elektrodanya dipenuhi bensin) untuk beberapa saat kemudian buang bensin bekas rendaman dan amlpas bagian elektrodanya baik yang tengah (+) maupun yang katoda (-) sampai bersih, lalu rapat kan jarak keduanya lebih rapat (0,2mm) tapi jangan sampai bersentuhan langsung kemudian pasang lagi dan hidupkan mesin, biasanya masih mau nyala lagi mesinnya,, tapi biasanya cuma sekali hidup saja,kalo sempet mati lagi yaa harus di ulang lagi Proses dari awal.. Memang dengan Tips ini usia busi tidak jadi lebih panjang secara signifikan, Tapi lumayan lah sekedar mengantarkan kita ke bengkel / toko yang jual Busi..
Tips ini juga hasil Sharing-Sharing sesama Bikers dan kebetulan Saya mengalaminya sendiri, setelah Saya praktekkan ternyata lumayan membatu..
Sebenernya ada lagi Tips yang lain, yaitu dengan cara memecahkan keramik pembungkus Anoda(elektroda tengah (+)) namun terus terang Saya belum mencobanya sendiri jadi ga tau gimana hasilnya..
Semoga ada Mamfaatnya..
Dan Bagi Para Brades Bikers semua yang mempunyai Tips darurat tentang Busi Mati tolong di Share juga ya.. Supaya ada mamfaatnya juga bagi yang lain…

sumber

0 komentar:

Posting Komentar