Kita melakukan hal ini bertujuan untuk meratakan piringan klep agar pada waktu menutup klepnya betul-betul tepat. Hal ini untuk mencegah kebocoran pada compresi dan pembakaran melalui klep.
Alat perlengkapan :
- Bensin untuk mencuci secukupnya.
- Oli untuk melumasi boos klep dan batang klep.
- kain kering dan bersih.
- Selang karet/plastik untuk memegang batang karet.
- Obeng atau kayu untuk tangkal memutar.
- Amril (serbuk baja) untuk mengasah.
- Buka klep dari dudukannya. kemudian sitting dan piring klepnya dibersihkan kraknya. Di cuci dengan bensin sampai bersih dan keringkan dengan kain hingga kering.
- Letakkan silinder kap sehingga dudukan segi tiganya benar-benar datar.
- Oleskan amril (serbuk besi) pada sitting atau piringan klep yang akan di ratakan, bila rusaknya parah pakailah amril ( serbuk besi) yang kasar setelah itu gunakan yang halus kecuali rusaknya tidak terlalu parah bisa langsung pakai yang halus.
- Boos klep di oles oli sedikit supaya licin, lalu batang klep di masukkan ke dalam boos-nya. Dengan karet klep yang di beri tangkai, piringan klep di putar pada sitting sambil ditekan sedikit supaya bagiannya rata.
- Setelah rata atau amrilnya (serbuk besi) tidak mumpan lagi maka sitting dan piringannya di cuci lalu di keringkan.
- Untuk mengetahui masih bocor atau tidak, dapat di tuangkan bensin kedalam klep masuk dan buang, lihatlah apakah masih ada kebocorannya.
0 komentar:
Posting Komentar