
Ketika motor anda mati menddak anda tidak perlu panik,kita harus tenang dalam mengatasi hal ini karna jika kita panik kita akan kehilangan kontretasi dalam mengatasi motor kita. Untuk mengatasi hal ini, ikuti langkah berikut.
Cara Mengatasi
- BagianPerbensinan Apabila pada bagian ini terjadi kekotoran maka aliran bensin akan tersumbat, juga bensin yang terdapat campuran baik air atau minyak tanah, hal ini akan menyebabkan kematian mendadak pada mesin karna gas yang diperlukan tidak sesuai lagi. Pada motor yang ada saringan bensinnya sebaiknya dipasang selalu dibersihkan pada saringan bensinnya. untuk motor yang tidak ada saringan bensinnya sebaiknya dipasang saringan bensin, karna bisa menyaring kotoran yang masuk.
- Platina

Platina banyak digunakan pada motor honda, ini tergantung pada piringan platina ayau setelan
nafhur. Platina yang kotor /jarak renggangnya terlalu rapat akan berpengaruh pada mesin, maka
platina harus bersih dan untuk membersihkannya dapat menggunakan
kertas amplas yang halus. Juga jarak renggang
platina antara 1-1 1/2 mm. untuk merengangkan
platina tidak boleh merenggankan platina tersebut tidak boleh mengetuk karna mengakibatkan ketidak rataan yang mengakibatkan keluarnya bunga api ke busi tidak sebesar bunga api yang ujung platinanya rata, hal ini akan membuat ketidak setabilan motor.
2. CDI
CDI ini telah banyak digunakan segala motor karna dengan adanya
CDI akan mempermudah mengatasinya, cukup tinggal mengganti
CDInya saja apabila terjadi kerusakan pada
CDI.

ini
sangat
beguna sekali, dalam proses percampuran
gas dengan
udara, maka dari itu
kaburator harus bersih dari kotoran. Juga setelan pada pelampung harus tepat karena akan mengakibatkan motor susah hidup apabila terlalu banyak bensin (banjir).
- Coil/Coil Ignition dan kondesor

Pada motor honda atau
apabila
coilnya panas mesin tidak dapat hidup, karena aliran setrumnya yang dari
accu tidak di teruskan
kebusi melainkan habis terhisap oleh
coil. maka
coil demikian harus diganti dengan yang baru.
Condensator atau
condersor ini tergantung dengan
coil yang letaknya berada ditengah antara
coil dan
platina. gunanya untuk menerima setrum yang diloncatkan
platina dan diubah oleh
condersor untuk memenuhi kebutuhan mesin yang melalui perantara
coil. Tanda tanda I yang rusak ialah pada platinanya sering kotor, waktu dihidupkan terjadi ledakan di kenalpot. Untuk itu
kondersornya harus diganti.

Untuk
mengetahui kerusakan pada alat ini ialah dengan jalan melepas
busi dari tenpatnya, kemudian dites apakah bunga api yang keluar dari
coil. apabila bunga api keluarnya tepat ditengah pada ujung busi maka
busi itu masih baik.

Untuk jenis motor honda
accu harus dalam keadaan baik karena
accu di gunakan untuk menentukan hidupnya mesin. Biasanya
accu bergabung pada
sekring apabila tidak ada aliran setrom, maka periksalah
sekringnya. Karena mengganti aliran setrom yang langsung biasa di gunakan
sekring. Untuk pengisiannya diperlukan
wireharnos (kiprok) yang
baik. karena
kiprok yang rusak langsung berpengaruh pada battery/accu.
Untuk memeriksa dapat menggunakan dengan cara melepas kabel. yang apinya yang keluar dari
ac generator. Kemudian lakukan kembali api keluar dari
kiproknya. Apabila stromnya keluar dengan baik, terus lakukan pemeriksaan pada
accunya yang kemungkinan
accu tidak menyimpan setrom. Dan apabila setrom di accunya terpakai maka akan habis karena tidak ada pengisian lagi.
0 komentar:
Posting Komentar